Berita

PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS CORONA COVID-19

Mengantisipasi mewabahnya virus corona atau COVID-19, Pemerintah Kota Bitung mengambil kebijakan pencegahannya antara lain dengan meliburkan sekolah tingkat SMP, SD, TK dan PAUD terhitung Selasa 17 Maret hingga 27 Maret 2020. Sekolah akan dibuka kembali tanggal 30 Maret 2020.


Kebijakan tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi yang dipimpin Wali Kota Bitung Maxmiliaan Jonas Lomban, didampingi Kapolresta Bitung, AKBP FX Winardi Prabowo dan Dandim 13-10 Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, Minggu (15/3/2020) sore di BPU Kota Bitung.


Rakor sendiri dilaksanakan Pemerintah Kota Bitung didasarkan pada intruksi Presiden Joko Widodo agar anak sekolah tetap belajar di rumah, bekerja dari rumah dan beribadah di rumah. Bahkan diminta untuk menghindari aktivitas di luar rumah jika tidak ada keperluan, hindari keramaian dan tempat-tempat umum apabila tidak ada keperluan mendesak.


Wali kota juga mengingatkan agar masyarakat tidak terprovokasi dengan pemberitaan maupun informasi media sosial yang menyesatkan. Karena itu masyarakat diminta untuk mengecek terlebih dahulu kebenaran informasi yang beredar.


Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Pendidikan dimintakan memaparkan beberapa poin sebagai usulan menjadi kebijakan pemerintah kota. Dari paparan kedua kepala dinas, didapatkan kesimpulan yang dapat disosialisasikan kepada warga kota Bitung. Kesimpulan rakor yang dihadiri seluruh kepada sekolah dan pejabat eselon dua dan tiga dimaksud meliputi:

 

  1. Masyarakat tetap tenang, tidak panik, dan tetap produktif dengan meningkatkan   kewaspadaan agar penyebaran COVID-19 ini bisa kita hambat dan kita hentikan penyebarannya.
  2. Terhitung mulai Senin 16 hingga 27 Maret 2020, seluruh sekolah mulai dari PAUD, TK, SD hingga SMP diliburkan. Khusus tgl 16 Maret, seluruh siswa wajib datang untuk apel pagi di sekolah selama 1-2 jam guna mendengarkan informasi dari guru-guru terkait kegiatan belajar online selama liburan. Selesai apel pagi seluruh siswa segera pulang ke rumah.
  3. Selama libur, seluruh siswa wajib mengikuti pelajaran secara online sesuai petunjuk pihak sekolah dan dilarang beraktivitas keluar rumah.
  4. Akan ada patroli Garnisun dan Satpol PP untuk melakukan sweeping terhadap anak-anak yang berada di luar rumah selama masa liburan. Jika ditemukan anak sekolah berada di luar rumah, maka akan diperintahkan untuk pulang.
  5. Bagi mereka yang menderita batuk dan flu sangat dianjurkan untuk menggunakan masker, sedangkan mereka yang sehat tidak perlu menggunakan masker.
  6. Untuk sementara, tanpa mengurangi etika, dianjurkan untuk tidak saling berjabat tangan dengan siapapun dan sebagai gantinya dapat melakukan salam namaste, salam dekapan tangan tanpa bersentuhan secara fisik.
  7. Masyarakat diimbau menjaga kebersihan pribadi dan keluarga dengan berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), makan makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman, serta senantiasa mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir.
  8. Hentikan sementara kegiatan mengumpul massa atau pertemuan yang menghadirkan banyak orang.
  9. Diminta pula untuk menangguhkan setiap rencana perjalanan keluar kota atau daerah.
  10. Jika ada yg mengalami gejala flu dan batuk jangan langsung pergi ke dokter atau Puskesmas, tapi hubungi dulu Layanan Hotline Virus Corona Dinas Kesehatan Bitung di nomor kontak 085340432718 untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut.

Kembali